Serba-serbi Marketing, Mulai dari Tujuan, Jenis, dan Profesinya


Marketing merupakan proses pemasaran pengenalan produk atau jasa yang kerap diketahui masyarakat. Memasuki era digital seperti sekarang ini, marketing menjadi pekerjaan sekaligus teknis dalam menjangkau berbagai pihak. Tidak hanya itu marketing juga bisa mempromosikan produk atau jasa yang kamu miliki. Lantas apa sebenernya marketing itu?

Marketing Adalah

Menurut Cambridge dictionary, marketing adalah karir di bidang pemasaran, aktivitas bisnis yang melibatkan pencarian apa yang diinginkan pelanggan, informasi untuk merancang produk dan layanan dan menjualnya secara efektif.

Dilansir dari Hubspot, marketing atau pemasaran merupakan tindakan atau bisnis mempromosikan dan menjual produk atau layanan, termasuk riset pasar dan periklanan. Marketing ini dapat mengacu pada tindakan apapun yang dilakukan oleh perusahaan untuk menarik pembeli ke produk atau layanan perusahaan.

Tujuan Marketing

Marketing memiliki tujuan untuk memberikan nilai tersendiri bagi prospek dan konsumen melalui konten dalam menunjukkan nilai produk, loyalitas merek, hingga akhirnya bisa meningkatkan penjualan.

Tidak hanya itu, marketing juga berfungsi dalam meneliti dan menganalisis konsumen sepanjang waktu, mengetahui kelompok fokus, mengirimkan survei, hingga mempelajari kebiasaan belanja online tentang beberapa pertanyaan seperti di mana, kapan, dan bagaimana konsumen ingin berkomunikasi dengan bisnis tersebut.

Marketing dapat membuat orang tertarik dengan produk atau layanan perusahaan. Hal ini terjadi melalui riset pasar, analisis, dan memahami minat pelanggan ideal. Marketing juga berkaitan dengan semua aspek bisnis termasuk pengembangan produk, metode distribusi, periklanan hingga penjualan.

Jenis-jenis Marketing

Marketing sebenarnya memiliki berbagai jenis tergantung pada target pelanggan yang dituju. Bahkan sebelum menentukan jenis marketing perlu adanya riset pasar agar bisa mengetahui relevansi dari produk atau jasa yang ditawarkan. Berikut ini beberapa jenis marketing yang kerap di telah teruji oleh waktu yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Internet Marketing

Marketing ini dilakukan secara online yang memberikan gagasan melalui internet. Marketing ini biasanya digunakan untuk bisnis di ranah internet.

2. Search Engine Optimization

Marketing jenis ini dapat mengoptimalkan sesuai dengan kata kunci yang ada di situs web agar muncul di mesin pencarian. Proses ini digunakan oleh pemasar untuk menarik orang yang melakukan penelusuran secara menyirat untuk mereka tertarik mempelajari industri tertentu.

3. Blog Marketing

Penggunaan blog untuk marketing bisa dilakukan melalui artikel yang ditulis sehingga dapat memupuk minat calon pelanggan yang sedang menjelajahi internet. Teknik marketing ini memanfaatkan copywriting yang baik agar menarik minat pelanggan.

4. Sosial Media Marketing

Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan jejaring sosial serupa dapat menciptakan kesan pada audiens untuk menarik pelanggan. Apalagi teknik marketing ini sudah populer di kalangan anak muda. Sosial media menjadi bahan promosi sekaligus menghasilkan ide agar terus berkembang.

5. Video Marketing

Meskipun dulu marketing hanya ada di iklan, marketing sekarang telah mempromosikan produk dalam bentuk video yang mendidik dan menghibur pelanggan. Video dengan konsep visual yang menarik bisa menjadi cara agar pesan marketing tersampaikan dengan baik.

Contoh Pekerjaan Bidang Marketing

Beberapa contoh pekerjaan bidang marketing yang harus kamu ketahui jika ingin terjun di dunia marketing:

Copywriting atau Content writer

Menulis juga masuk dalam pekerjaan marketing. Copywriting ini tergantung pada perusahaan yang merancang sesuai dengan content planing biasanya terbagi ke dalam segmen-segmen tertentu seperti politik, budaya, gaya hidup, kuliner, dan lainnya.

Sementara content writer menulis untuk menunjang pekerjaan marketing dalam mempromosikan produk.

Product Owner

Pekerjaan ini juga masuk dalam kategori marketing, meskipun tidak harus masuk dalam divisi marketing. Product owner kebanyakan di perusahaan masuk ke divisi IT karena pekerjaannya yang memang berbasis teknologi. Seorang product owner harus berinovasi agar setiap pembeli/konsumen mendapat info dan fitur yang mendukung proses transaksi.

Social Media Specialist

Era digital saat ini dapat menciptakan pekerjaan sejenis yang berkaitan dengan media seperti Social Media Specialist. Pekerjaan marketing ini yang digarap seputar merancang strategi marketing dan menjalin relasi dengan rekan sesama media lainnya.

Graphic Designer

Pekerjaan marketing yang dilakukan Graphic Designer ini berkaitan dengan tampilan produk atau promosinya di media, baik cetak maupun digital. Graphic Designer menuntut kamu untuk peka dengan detail dan punya imajinasi serta kreasi yang tanpa batas.

Influencer

Pekerjaan yang sering didengar sekarang dan banyak diminati adalah Influencer. Pekerjaan marketing yang satu ini tentunya harus berinteraksi dengan akun-akun Instagram atau TikTok dan platform sejenis agar bisa menarik perhatian pelanggan.

Meskipun tidak semua perusahaan marketing membutuhkan Influencer namun pekerjaan ini cukup diminati dalam rangkaian pekerjaan marketing dan tidak harus terikat dengan perusahaan.

Nah itulah beberapa jenis marketing dan pekerjaan yang cocok di dunia marketing yang bisa kamu coba.

Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6774579/serba-serbi-marketing-mulai-dari-tujuan-jenis-dan-profesinya

Popular Posts