Menkop UKM: 72 Persen Anak Muda Indonesia Ingin Jadi Pebisnis


Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan berdasarkan hasil survei yang diterimanya, sebanyak 72 persen anak-anak muda di Indonesia ingin menjadi
 pebisnis.

Hal tersebut disampaikan Teten dalam Kuliah Umum Program Sarjana Kewirausahaan SBM ITB secara virtual, Senin (12/6/2023).

"Saya sudah pegang survei waktu di Istana, saya bikin survei ternyata anak-anak muda Indonesia 72 persen ingin menjadi pebisnis bukan lagi menjadi pegawai swasta atau pegawai pemerintah," kata Teten.

Teten mengatakan, angka tersebut hampir sama dengan hasil survei di tingkat Asia yaitu 70 persen anak-anak muda di Asia ingin menjadi pebisnis.

Berdasarkan hal tersebut, Teten meminta perguruan tinggi tak fokus mencetak sarjana untuk menjadi pegawai saja melainkan siap menjadi pebisnis dan entrepreneur.

"Menurut saya kampus harus ubah ya, kampus bukan lagi menyiapkan sarjana untuk pegawai pemerintah maupun pegawai swasta karena anak-anak ini ingin jadi pebisnis, ini satu keuntungan bagi kita, pemerintah sedang menyiapkan roadmap menuju Indonesia emas 100 tahun Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, Teten mengatakan, salah satu syarat untuk menjadi negara maju adalah 12 persen dari penduduk Indonesia merupakan pebisnis. Namun saat ini, Indonesia baru mencapai angka 3,47 persen.

Karenanya, ia meminta seluruh pihak termasuk perguruan tinggi menyiapkan para sarjana yang siap menjadi pebisnis.

"Saat ini baru 3,47 persen (jumlah pebisnis), jadi rendah sekali, Singapura dengan jumlah penduduk 5 juta, 8,6 persennya itu entreprenuer. Jadi ini tantangan untuk kita semua," ucap dia.

Sumber: https://money.kompas.com/read/2023/06/12/123500926/menkop-ukm--72-persen-anak-muda-indonesia-ingin-jadi-pebisnis

Popular Posts