Jangan Lupakan Amanah Digital dalam Bermedia Sosial


 Dalam rangka mempercepat program transformasi digital Indonesia dan mendorong peningkatan pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi masyarakat Indonesia, perlu upaya dan strategi untuk memaksimalkan literasi digital. Sehingga, masyarakat Indonesia dapat berpikir kritis terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Boni Fasius Pujianto dalam keterangannya menyampaikan bahwa media sosial harus dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Ia juga menghimbau agar jangan menggunakan sosial media untuk merugikan orang lain. 

“Hati-hati kita pakai media sosial segala macam tapi kita lupa ada namanya amanah digital," ujar Boni dalam keterangan tertulisnya.

Boni pun memberi contoh kasus penipuan penjualan tiket band Coldplay yang tengah ramai terjadi.

"Kemarin ada yang ditangkap karena melakukan penjualan tiket Coldplay. Ini namanya melakukan tindakan kriminal walaupun dunia digital saya ingatkan kriminal dalam dunia digital kita sebut cyber crime itu akan mendapatkan tuntutan hukum yang sama seperti kita di dunia nyata,” tegas Boni.

Boni menyampaikan hal ini dalam seminar literasi digital yang dihelat Kemenkominfo bertajuk Gali Ilmu: Antisipasi Hoaks dan Pelindungan Data Pribadibelum lama ini.

Boni menjelaskan, program ini tak hanya bertujuan agar masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi dan media digital dengan benar. "Tapi juga bertanggung jawab di tingkat dasar, madya, dan mahir, dan memberi ruang literasi digital secara inklusif," tambahnya. 

Ia melanjutkan, kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya pemulihan dan peningkatan perekonomian warga Makassar dengan memaksimalkan potensi setiap lorong atau daerah.

"Termasuk dengan mengoptimalkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di setiap lorong," pungkasnya.

Sumber: https://www.jawapos.com/oto-dan-tekno/01942264/jangan-lupakan-amanah-digital-dalam-bermedia-sosial


Popular Posts