Regulator Inggris Perketat Aturan Pemasaran Kripto

Otoritas Perilaku Keuangan Inggris (FCA) sedang menyelesaikan peraturan yang ditujukan untuk mengatur pemasaran kripto demi mengatasi ketidaksesuaian antara keputusan investasi konsumen dan toleransi risiko.

Aturan baru ini direncanakan mulai berlaku pada 8 Oktober 2023 setelah masa transisi empat bulan, membutuhkan peringatan risiko yang jelas, iklan yang tidak menyesatkan, dan masa tenang bagi investor pemula.

Dilansir dari Coinmarketcap, Selasa (20/6/2023), periode jeda jadi salah satu persyaratan penting, melarang pengiriman Promosi Finansial Penawaran Langsung (DOFP) kepada konsumen tanpa mereka tanpa mengonfirmasi ulang permintaan mereka setidaknya 24 jam kemudian. 

FCA bertujuan untuk memberi konsumen waktu dan peringatan risiko yang tepat untuk membuat pilihan investasi yang terinformasi, terutama menargetkan pengguna pemula yang mungkin merasa awam dalam hal investasi kripto.


Peraturan tersebut muncul karena jumlah pemegang kripto di Inggris meningkat lebih dari dua kali lipat dalam satu tahun, mencapai sekitar 5 juta orang dewasa yang memegang aset kripto. 

Survei FCA mengungkapkan 40 persen responden membeli aset kripto sebagai perjudian, dan sekitar 30 persen menyatakan penyesalan atas investasi kripto mereka. 

Fokus FCA pada pemasaran kripto mengikuti tindakan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) baru-baru ini terhadap berbagai pertukaran kripto. Sementara FCA bertujuan untuk melindungi investor, itu juga mengakui kebutuhan untuk mencapai keseimbangan untuk menghindari inovasi yang mencekik dalam ruang koin digital dan blockchain.

AS Tak Lagi Menarik, Modal Ventura Pro Kripto Andreessen Horowitz Ekspansi ke London

Perusahaan modal ventura pro kripto, Andreessen Horowitz membuka kantor pertamanya di luar Amerika Serikat (AS). Kantor tersebut di London. Andreessen Horowitz melihat bahwa London bisa memberikan keuntungan karena memiliki lingkungan yang lebih ramah bagi pengusaha kripto di Inggris.

Dilansir dari CNBC, Selasa (13/6/2023), Andreessen Horowitz percaya Inggris akan menjadi pemimpin global dalam kripto, blockchain, dan mata uang digital. 

Otoritas Amerika Serikat (AS) telah menekan industri kripto akhir-akhir ini, dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) mengumumkan tuntutan hukum terhadap raksasa kripto Binance dan Coinbase minggu lalu. 

Pada dasarnya, SEC berpendapat banyak token kripto harus diklasifikasikan sebagai sekuritas, yang akan membuat mereka tunduk pada persyaratan pengawasan dan transparansi yang lebih ketat.

Inggris awal tahun ini juga mengusulkan peraturan formal pertama industri kripto, berusaha untuk menghentikan praktik setelah runtuhnya FTX, pertukaran kripto yang pernah bernilai USD 32 miliar atau setara Rp 475,8 triliun (asumsi kurs Rp 14.871 per dolar AS).

Banyak investor kripto mengatakan ini akan memberikan lebih banyak kejelasan, terutama karena mereka menghadapi ketidakpastian yang tinggi di AS. 

Berencana Dirikan Sekolah Kripto

Andreessen Horowitz juga berencana untuk meluncurkan sekolah startup kripto pertamanya di Inggris dalam upaya untuk mengidentifikasi bakat masa depan di ruang kripto dan Web3. Perusahaan meluncurkan sekolah untuk melatih pengusaha dalam membangun perusahaan blockchain dan cryptocurrency pada 2019.

Andreessen Horowitz telah menjadi salah satu investor paling aktif di kripto dan Web3, mendukung startup mulai dari game perdagangan koleksi olahraga Dapper Labs berbasis kripto hingga pasar NFT OpenSea.

Anggota Kongres AS Pro Kripto Ajukan UU untuk Pecat Ketua SEC

Menyusul serangan berbulan-bulan terhadap industri kripto oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), dua anggota kongres AS dari partai Republik sudah muak dengan ketua agensi tersebut.

"Hari ini saya mengajukan UU Stabilisasi SEC untuk merestrukturisasi SEC dan memecat Gary Gensler. Pasar modal harus dilindungi dari tirani Ketua, termasuk yang sekarang,” kata anggota kongres AS, Warren Davidson di Twitter, dikutip dari Decrypt, Selasa (13/6/2023).

 Bergabung dengan Davidson dalam membuat undang-undang anggota kongres AS lainnya, Tom Emmer juga menyerukan hal serupa. Keduanya mendukung kripto dan telah berulang kali mengecam Gensler karena ketidak mampuannya dalam mengatur pasar kripto dan mendorong industri ke luar negeri.

Selain memecat Gensler, undang-undang Davidson, dan Emmer akan memberi komisaris SEC pengaruh yang lebih besar dengan menempatkan otoritas pembuatan peraturan, penegakan, dan investigasi di bawah enam komisaris  satu lebih banyak dari lima komisaris yang ada.

Dalam siaran pers terkait dengan undang-undang di situs web Emmer, para politisi mengutip daftar panjang pelanggaran yang telah dilakukan Gensler saat menjabat, termasuk aturan hotel California untuk kripto yang membuat tidak ada resolusi dan tidak ada kejelasan.

“Investor dan industri Amerika berhak mendapatkan pengawasan yang jelas dan konsisten, bukan permainan politik,” kata Emmer dalam sebuah pernyataan.

Sumber: https://www.liputan6.com/crypto/read/5324478/regulator-inggris-perketat-aturan-pemasaran-kripto

Popular Posts