Kebebasan Berekspresi pada Era Penggunaan Sosial Media yang Semakin Maju


 Teknologi yang makin maju serta era digital yang makin berkembang, mengakibatkan munculnya fenomena penggunaan sosial media yang makin meluas di lingkungan masyarakat Indonesia. Melalui kemajuan dan perkembangan yang signifikan ini, membuat cara berkomunikasi dan berinteraksi manusia menjadi berbeda. Melalui sosial media-lah masyarakat akan berinteraksi dan membangun sebuah relasi. Selain itu, masyarakat juga menggunakan sosial media untuk mendapatkan berbagai macam informasi serta memiliki kebebasan untuk berekspresi sesuai dengan kemauan dirinya sendiri.

Kebebasan berekspresi merupakan hak seluruh umat manusia di muka bumi ini. Melalui sosial media, semua orang diharapkan dapat berekspresi secara bebas sesuai dengan kenyamanannya masing-masing. Kebebasan berekspresi dalam sosial media merupakan kebebasan seseorang dalam berpendapat dan bercerita baik mengenai perasaan yang dirasakan ataupun pengalaman dan pandangan yang dia miliki. Penggunaan sosial media yang makin meningkat, membuat penggunaan sosial media yang berubah dari zaman ke zaman. 

Pada sekarang ini, pengguna sosial media tidak hanya berlaku pasif, tetapi mereka juga ikut berperan aktif dengan mengunggah, berkomentar, dan membagikan hal-hal yang mereka sukai.

Pada zaman sekarang ini, kebebasan berekspresi merupakan salah satu hal yang cukup mudah, ditambah dengan kemajuan era media sosial yang makin maju, membuat masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan apa yang ingin disampaikan. Media sosial adalah wadah yang transparan dan mudah digunakan. Berbeda jauh dengan zaman dahulu di mana orang-orang takut untuk berekspresi dan ditambah dengan susah serta lamanya waktu dalam penggunaan media tradisional. 

Dibalik mudah dan bebasnya seseorang dalam berekspresi di media sosial, tetap saja media sosial yang bersifat transparan ini akan memberikan sisi buruk pada seseorang yang menggunakannya. Kadang kala, manusia akan secara berlebihan menggunakan sosial media dan melakukan kebebasan berekspresi di media sosial. Manusia terkadang lupa akan batasan dalam menggunakan media sosial serta lupa akan tanggung jawab dan ganjaran yang akan dia dapatkan jika tidak bijak dalam menggunakan sosial media. 

Suasana yang sulit diatur ini akan menimbulkan hoaks, perundungan, keributan, pelecehan, intimidasi dan kebencian yang timbul karena kebebasan berekspresi yang terlalu berlebihan. Kurangnya pengawasan dari pemerintah dan kurangnya wawasan atau kesadaran diri masyarakat dalam melakukan kebebasan berekspresi di sosial media membuat keributan yang berakibat fatal. Maka dari itu, pentingnya kebebasan berekspresi yang diiringi oleh tanggung jawab individu dalam menggunakan sosial media dengan bijak.

Selain itu, terlalu bebas dalam mengekspresikan diri di media sosial, sering berakibat pada privasi dan informasi pribadi yang terunggah secara transparan. Hal ini berakibat pada data diri seseorang yang sering kali dipakai untuk aksi-aksi kriminal. Privasi dan informasi pribadi ini akan dengan mudah tersebar dan akan selalu ada di dalam jejak sosial media. Maka dari itu, pentingnya penggunaan sosial media dengan hati-hati dan tidak mengunggah sesuatu yang bersifat pribadi.

Dengan adanya era penggunaan sosial media yang makin maju, serta dengan adanya kebebasan berekspresi di sosial media, membuat pemerintah, lembaga, dan masyarakat harus bekerjasama untuk menciptakan wadah sosial media sebagai wadah yang aman, sehat, dan sesuai dengan ketentuan hukum yang ada. Hukum dan adat istiadat yang harus tetap dipertahankan, dengan saling menghormati dan menghargai, serta saling menjaga dan mengingatkan satu sama lain.

Kebebasan berekspresi pada era penggunaan sosial media yang makin maju ini merupakan sebuah bukti keberhasilan negara kita dan juga tantangan yang besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dengan adanya kebebasan berekspresi di sosial media ini, masyarakat diharapkan dapat lebih bijak dan lebih baik dalam menjalankan hal tersebut, serta melalui kebebasan berekspresi ini, diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kebebasan dan privasi dalam media sosial.

Sumber: https://www.kompasiana.com/adindalunakusumawardhani4323/648a045c4d498a567c037992/kebebasan-berekspresi-pada-era-penggunaan-sosial-media-yang-semakin-maju

Popular Posts