Alasan Utama Orang Indonesia menggunakan Media Sosial, Berkomunikasi Dengan Teman & Keluarga Menjadi Nomor 1


 We Are Social, Website penyedia data digital dan tren dunia, baru – baru ini membagikan hasil surveynya di internet.

Survey yang dilakukan We Are Social, berfokus pada perkembangan dan tren digital di dunia, salah satunya di Indonesia.

Pada laporan survey yang dilakukan We Are Social dan Maltwater tersebut, salah satunya menunjukan data tentang alasan – alasan Utama Orang Indonesia menggunakan Media Sosial.

Pada peringkat pertama, sebanyak 60,6% orang Indonesia menggunakan Media Sosial adalah untuk menjaga dan menjalin komunikasi dengan teman dan keluarga. Hal tersebut, tidak mengherankan kenapa Whatsapp menjadi salah satu media sosial yang sering digunakan di Indonesia.

Disusul pada peringkat kedua dengan angka 58,6%, orang Indonesia menggunakan media sosial untuk Filling Spare Time atau mengisi waktu luang. Sehingga kebanyakan orang Indonesia, menjadikan media sosial sebagai sarana untuk menghabiskan waktu kosongnya.

Diposisi ketiga, 51,2% orang Indonesia menggunakan media sosial untuk mencari apa yang sedang dibicarakan masyarakat. Hal ini sejalan dengan peringkat ke-13 alasan kenap orang Indonesia menggunakn Sosial Media, yaitu karena takut ketinggalan sesuatu (FOMO). Sehingga orang – orang Indonesia menjadi media sosial sebagai sarana mencari sesuatu topik yang sedang dibicarakan.

Pada posisi keempat, 50,4% orang Indoensia menggunakan media sosial untuk mencari inspirasi tentang hal – hal yang harus dilakukan dan membeli sesuatu. Saat ini, sudah banyak sarana – sarana di media sosial yang langsung mempengaruhi emosi dari penggunanya seperti video – video motivasi, perkataan seorang tokoh, sebuah bacaan, Berita dsb. Hal – hal tersebut sejalan dengan alasan pada posisi keempat tersebut yaitu untuk mencari sebuah inspirasi yang dilakukan.

Selain itu, media sosial menjadi sarana informasi untuk membeli sesuatu. Ketika seseorang mencari sesuatu yang ia ingin beli, tak jarang ia akan membuka media sosial untuk sekedar mencari info tentang barang yang ia ingin beli tersebut.

Selebihnya di posisi kelima, 48,8% menggunakan media sosial untuk mencari konten. Posisi keenam, 42,6% membaca Stories baru. Posisi ketujuh, 38% untuk menonton Live Streams. Posisi kedelapan, sebanyak 36,5% untuk mencari produk yang dibeli. Posisi kesembilan, sebanyak 33,8% orang Indonesia menggunakan media sosial untuk mencari komunitas yang berpikiran sama dan posisi ke-10, sebanyak 33,5% orang Indonesia menggunakan media sosial untuk memposting tentang dirinya.

Sumber: https://jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-1016780351/alasan-utama-orang-indonesia-menggunakan-media-sosial-berkomunikasi-dengan-teman-keluarga-menjadi-nomor-1

Popular Posts