Tangkap Peluang Investasi IKN Nusantara, Samarinda Mulai Rancang Rencana Pengembangan Investasi


 
Perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan pengaruh besar bagi beberpa kabupaten/kota yang menjadi daerah penyangganya. Peluang pengembangan sektor bisnis adalah salah satu yang akan begitu terasa nantinya.

Potensi itu masuk dalam perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Samarinda yang telah disahkan beberapa waktu lalu di DPRD Samarinda. Selain itu juga, dengan hadirnya Samarinda sebegai Ibu Kota Provinsi Kaltim menjadi penyangga memberikan perubahan dalam setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Samarinda Jusmaramadhana Alus. Melalui Kepala Bidang Investasi Aditi Paramita Wisesa mengakui, pihaknya menangkap adanya peluang tersebut.

“Tentu ada peluang dengan Samarinda sebagai penyangganya, ada peluang bisnis yang akan menjadi pusat kota perdagangan dan jasa,” urainya.

Tak hanya itu, Aditi melihat peluang juga hadir dari masing-masing kecamatan yang ada di Kota Samarinda untuk investasi penanaman modal. Aditi mengaku bahwa pihaknya tengah menyusun peta potensi investasi dan penanaman modal untuk seluruh kecamatan yang ada di Samarinda.

“Setiap kecamatan memiliki peluang investasi dan karakteristik yang berbeda-beda. Kami tengah melakukan penyusunan data premier dari 10 kecamatan yang ada,” imbuhnya.

Yang menjadi perhatian juga sumber daya alam (SDA) dari keadaan daerah, saat ini, ketersediaan tenaga kerja dan potensi menghadapi tantangan ke depan. Oleh karenanya diperlukan pemetaan yang selaras dengan penyesuaian instrumen Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM).

“Kami tengah mempersiapkan naskah akademik untuk insentif investasi. Kemudian aka disusun dalam bentuk peraturan daerah (perda) baru,” jelasnya.

Sumber: https://kaltim.akurasi.id/pariwara/dpmptsp-kaltim/tangkap-peluang-investasi-ikn-nusantara-samarinda-mulai-rancang-rencana-pengembangan-investasi/

Popular Posts