UMKM di Malang Belajar Strategi Optimalisasi Penjualan melalui Marketplace

Program Digital Transformation and Strengthening Resilience of SMEs yang digagas Komunitas Averroes terus berlanjut. Tak hanya mengupas optimalisasi pengunaan media sosial, namun merambah hingga tema ‘Strategi Optimalisasi Penjualan melalui Marketplace’.

Tema-tema tersebut terangkum pada pelatihan ke lima yang berlangsung di Gets Hotel Malang, (10/6/2023).

Program Manager Komunitas Averroes, M Mujtabah menyampaikan, program yang didukung oleh Sampoerna untuk Indonesia (SUI) dan pemerintah daerah ini berkomitmen untuk meningkatkan jangkauan usaha para pelaku UMKM melalui pemanfaatan platform digital.

“Perkembangan teknologi digital telah memberikan peluang bagi siapa pun, tidak terkecuali pelaku UMKM. Dengan kemampuannya dalam menembus sekat batas, ruang dan waktu, keberadaan marketplace sebagai salah satu produk teknologi harus dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan jangkauan pasar produknya,” tuturnya

Salah satu pemateri, Nurus Subahah menyebut salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan angka penjualan di berbagai platform marketplace adalah teknik ‘follow – unfollow’.


“Tekniknya ada follow – unfollow untuk meningkatkan pengikut. Karena kalau pengikutnya banyak, trust konsumen akan lebih besar,” kata perempuan yang menjadi pemateri pada sesi kedua dan ketiga itu

Selain itu, pemanfaatan fitur kategori, pemberian judul, diskripsi produk, penggunaan foto dan video produk sebagai sarana promosi, hingga melakukan riset pada competitor sebagian acuan dalam menentukan harga juga perlu untuk dilakukan.

Termasuk, belajar mengenal fitur iklan dan promosi dan teknik menaikkan traffic dan trust toko.

“Paling utama, biasanya kendala para online shop ada pada mindsetnya. Maka, akan bagus kalau pelatihan kali ini dibangun dan dikuatkan mindsetnya,” tegasnya.

Nurus yang merintis usaha sebagai dropshipper ini juga berharap agar pelaku UMKM di Malang terus berkembang melalui transformasi digital sehingga mampu menepis keterbatasan pengetahuan dan kemampuan dalam pemanfaatan teknologi maupun platform digital.

Sebab, digitalisasi UMKM mampu menunjang usaha lebih efisien dan menjangkau pasar yang lebih luas. “Bagaimanapun kita bisa benar-benar memahami, meyakini dan optimis sehingga berhasil dengan produknya masing-masing,” terangnya.

Sumber;https://tugumalang.id/umkm-di-malang-belajar-strategi-optimalisasi-penjualan-melalui-marketplace/

Popular Posts