Usung UMKM digital, mahasiswa UPN Jatim Selenggarakan Sosialisasi Branding dan Digitalisasi Marketing bagi pelaku UMKM


UMKM erat kaitan nya dengan bisnis dan perdagangan. Tak asing lagi bagi kita menyebut orang yang berdagang sebagai UMKM. Saat ini era digitalisasi telah merambah ke berbagai aspek, sosial ekonomi, politik, hingga aspek budaya. Aspek ekonomi yang sangat erat dengan masyarakat menengah ke bawah pun ikut arus digitalisasi mulai dari kemudahan transaksi, hingga penjualan yang mendunia dengan gadget. Namun, sayangnya banyak masyarakat yang masih belum memahami akan digitalisasi ini.

Mahasiswa KKNT MBKM UPN Veteran Jawa Timur menyelenggarakan sosialisasi terkait dengan branding dan juga digitalisasi marketing bagi para pelaku UMKM agar UMKM masa kini dapat mengikuti perkembangan zaman dan juga merambah ke dunia digital. Sosialisasi yang diikuti oleh pelaku UMKM yang ada di kelurahan Tlumpu ini berjalan asik serta para peserta antusias dalam sosialisasi ini.

Dalam sosialisasi yang terdiri atas pemaparan materi serta tanya jawab dan juga dilengkapi dengan praktek dalam pembuatan konten usaha ini berhasil menambah pengetahuan pelaku UMKM kelurahan Tlumpu. Pelaku UMKM yang kebanyakan dari ibu ibu rumah tangga ini mengaku sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM. Karena dengan adanya sosialisasi ini mereka yang sebelumnya tidak tau menjadi lebih melek teknologi. Mereka juga sadar bahwa jualan tidak bisa stuck ditempat yang sama terus, namun harus mengikuti perkembangan zaman. Semakin kita mengikuti perkembangan zaman bisnis juga akan meluas.

Digitalisasi marketing ini sangat kompleks penjelasan nya kepada pelaku UMKM. Di kelurahan Tlumpu masih sedikit yang mengenal digital marketing sehingga penjualan hanya berasal dari penjualan langsung maupun mulut ke mulut saja. Digitalisasi marketing atau penjualan secara online masih awam bagi mereka. Sosialisasi ini perlu dilaksanakan kepada pelaku UMKM atau masyarakat agar melek teknologi dan juga penyebaran digitalisasi ini merata terhadap seluruh rakyat Indonesia.

Teti salah satu UMKM yang mengikuti sosialisasi mengungkapkan “kami sebagai pelaku UMKM juga sangat terbantu mbak mas atas sosialisasi yang dilaksanakan ini. Kami sebelumnya juga hanya penjualan melalui bazar atau ya hanya lewat event event tertentu saja, tidak mengikuti digitalisasi marketing ini.” Sosialisasi ini tepat sasaran melihat UMKM yang diundang juga sangat membutuhkan sosialisasi atau materi ini untuk usahanya. Hanya sedikit yang dapat diberikan oleh mahasiswa KKNT MBKM UPN Veteran Jawa Timur.

Materi yang disampaikan oleh mas Fernanda yang merupakan alumni UPN Veteran Jawa Timur jurusan komunikasi ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM. Harapan nya setelah sosialisasi ini dilaksanakan dapat menambah wawasan dan juga penjualan bagi UMKM yang semakin meningkat.

Sumber: https://jurnalpost.com/usung-umkm-digital-mahasiswa-upn-jatim-selenggarakan-sosialisasi-branding-dan-digitalisasi-marketing-bagi-pelaku-umkm/54243/

Popular Posts